UMAR USMAN 16 B

WE GO BIG OR GO HOME !

Empat Era, Empat Masa

Leave a comment

Mari sekilas kita tengok perubahan era yang terjadi pada peradaban manusia.

1. ERA BERBURU DAN MERAMU

Pada era ini hanya ada 1 kelompok sosial. Tidak ada si kaya dan si miskin. Pemimpin dan anggota klan hidup setara.

2. ERA AGRARIS
Pada era ini terdapat 3 kelas sosial. Si kaya, si miskin dan kelas menengah.

Si kaya adalah raja dan para bangsawan yang memilih banyak properti dan hewan ternak. Pada era ini, manusia berperang untuk merebut dan mempertahankan wilayah. Sebuah bangsa menjajah bangsa lain untuk menguasai tanah dan segala sumber dayanya.

Sementara itu, si miskin adalah petani yang bekerja di lahan milik negara atau kerajaan. Untuk kemudian membayar pajak karena telah “diizinkan” mengelolah lahan tersebut.

Pada era ini, sangat sulit untuk naik kelas dari miskin ke kelas menengah, apalagi ke kaya. Salah satu cara yang memungkinkan, namun peluangnya sangat kecil, adalah melalui pernikahan.

3. ERA INDUSTRI
Era industri dimulai ketika ditemukannya mesin uap pada tahun 1492. Di era ini, orang kaya bukan lagi mereka yang punya lahan yang luas, ternaknya banyak. Mereka yang kaya adalah mereka yang memiliki pabrik.

Si miskin banyak yang berasal dari kaum buruh pabrik. Dan kelas menengah adalah karyawan pabrik lulusan universitas.

Pada era ini, orang miskin dan kelas menengah bisa naik kelas (sosial). Tapi butuh waktu sangat lama. Bagi rakyat biasa, solusi untuk memperolah kehidupan yang lebih baik adalah sekolah yang rajin, masuk universitas, raih nilai bagus dan mendalat pekerjaan bergaji tinggi.

Banyak yang kemudian mengambil spesialis agar gaji semakin tinggi. Dan mereka biasanya hanya bekerja untuk satu perusahaan sampai pensiun. Dan pihak pabrik memberikan uang pensiunan karena telah mengabdi untuk waktu yang lama.

Pada saat itu, angka harapan hidup lebih rendah dari sekarang. Banyak yang meninggal kurang dari 3 tahun setelah pensiun. Yang artinya beban keuangan yang ditanggung perusahaan tidak terlalu besar.

4. ERA INFORMASI
Era ini dimulai ketika ditemukannya internet. Di era ini, masyarakat kembali terdiri dari 3 kelas sosial. Beberapa ada yang mengelompokkannye menjadi 4 kelas, yaitu:
– Kelas Atas
– Kelas Menengah Atas
– Kelas Menengah Bawah
– Kelas Bawah

Pada era ini, seseorang bisa dengan cepat berpindah ke kelas yang lebih tinggi. Jika di era industri orang butuh puluhan tahun untuk kaya, di era informasi bisa dalam waktu kurang dari 5 tahun.

Dan saat ini, kita tengah berada di Era Konseptual yang akan kita bahas di tulisan selanjutnya.

 

– Komandala “Komando” Putra (Bos Man) –

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s