UMAR USMAN 16 B

WE GO BIG OR GO HOME !

Dua Sisi Manusia

Leave a comment

Membaca berita penuh kebencian akan membangunkan sisi gelap/ buruk dalam diri manusia.

Dalam diri manusia terdapat dua “karakter”, baik dan buruk. Karakter mana yang akan muncul tergantung karakter mana yang sering Anda “beri makan”. Dan berita penuh kebencian adalah makanan bagi karakter buruk, sisi gelap Anda.

Seorang psikolog bernama John Bargh merancang sebuah eksperimen yang disebut “priming experiment”.

Ia membagi mahasiswa menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diminta menyusun beberapa kalimat acak dengan menggunakan kata-kata positif. Contoh:

Soal: Selalu–ramah–pada–Rian–semua orang

Jawab: Rian selalu ramah pada semua orang.

Dan kelompok kedua menyusun kalimat acak yang memuat kata-kata kasar.

Setelah menjawab soal, satu per satu diminta masuk ke kantor menemui panitia eksperimen untuk menanyakan soal berikutnya.

Di depan pintu kantor, beberapa orang (panitia) sengaja berdiri menghalangi pintu masuk sambil pura-pura sibuk ngobrol satu sama lain. Mereka sengaja tidak peduli pada mahasiswa yang datang untuk mengetahui bagaimana respons mereka, bagaimana kata-kata mempengaruhi alam bawah sadar manusia.

Akankah mereka menyela pembicaraan? Apakah kelompok yang telah dihujani kata-kata kasar menjadi lebih tidak sabar? Sebaliknya, apakah kelompok yang diberi kata-kata positif menjadi lebih sabar? Sebagai informasi, mahasiswa tersebut adalah mahasiswa New York University. Dan orang New York bukan orang yang terkenal dengan kesabarannya.

Sebelum eksprerimen dimulai, Bargh dan timnya diizinkan pihak kampus untuk hanya pura-pura sibuk maksimal 10 menit per 1 mahasiswa.

Bagaimana hasilnya? Mahasiwa kelompok kedua semuanya menyela pembicaraan rata-rata setelah 5 menit. Bahkan ada yang tak henti-hentinya bertanya ke mana ia harus menyerahkan lembar jawabannya.

Sementara itu, 82% mahasiswa yang menerima kata-kata positif tidak menyela sama sekali dalam waktu 10 menit. Mereka tetap dengan sabar menunggu.

Pertanyaannya, seberapa sering Anda membaca berita yang isinya penuh amarah, penuh kebencian?

Apa jadinya kalau setiap hari Anda mengonsumsi berita negatif yang semakin hari semakin terbenam di pikiran bawah sadar Anda yang pada gilirannya mempengaruhi perilaku Anda?

Sebagai informasi, pemilik website penuh kebencian itu memperoleh banyak uang dari banyaknya pengunjung di website-nya. Semakin banyak yang datang, semakin banyak yang pikirannya teracuni, semakin kaya pula mereka.

Anda rela diperlakukan demikian?

Catatan: Sebuah renungan untuk saya sendiri dan kita semua.

#NasihatDiri

– Komandala “Komando” Putra (Bos Man) –

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s