UMAR USMAN 16 B

WE GO BIG OR GO HOME !

Agama, Politik dan Persepsi

Leave a comment

Saya tiba-tiba teringat dengan salah satu bab di buku Think Like A Freak, Berpikir Seperti Orang Aneh.

Stephen J. Dubner dan Steven Levitt mengatakan isu-isu besar dunia disikapi secara berbeda tergantung agama dan pandangan politik. Sebagai contoh, insiden 9/11. Hasil survei menyebutkan, sebagian besar responden dari negara nonmuslim meyakini peristiwa tersebut disebabkan serangan teroris muslim.

Sementara itu, di negara berpenduduk mayoritas muslim, sebagian besar respon menyakini peristiwa tersebut adalah rekayasa AS. Dan di buku ini disebutkan bahwa Indonesia termasuk negara yang mayoritas penduduknya meyakini bahwa pihak AS-lah yang telah memasang peledak di dalam gedung.

Jika dikaitkan dengan peristiwa lokal, saya mendapati bahwa ledakan bom di Sarinah beberapa waktu lalu ternyata disikapi secara berbeda tergantung siapa capres idola Anda pada pemilu 2014 lalu. Pendukung Pak Jokowi cenderung sangat yakin bahwa itu adalah perbuatan teroris. Sedangkan pendukung Pak Prabowo cenderung meyakini bahwa itu adalah settingan pemerintah untuk mengalihkan isu. Walaupun kubu ini tidak bisa menunjukkan buktinya.

Pendukung Pak Jokowi terlalu mencintai pemerintah terlepas dari kesalahan apa pun yang (mungkin) dilakukan. Sedangkan pihak sebelah selalu membenci apa pun yang pemerintah lakukan, terlepas dari seberapa banyak kebaikan dan perbaikan yang dilakukan pemerintah.

Dan memang, menurut saya, agama dan pandangan politik memanglah sumber perbedaan persepsi; selain beberapa sumber lainnya tentu saja.

images-7
– Komandala “Komando” Putra (Bos Man) –

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s