UMAR USMAN 16 B

WE GO BIG OR GO HOME !

Utang Produktif Utang Konsumtif

2 Comments

“Mereka membeli barang-barang yang tidak mereka butuhkan. Dengan uang yang tidak mereka punya. Untuk membuat terkesan orang-orang yang tidak mereka suka”. – Fight Club

Agaknya kutipan film ini mampu menjawab mengapa banyak sekali orang yang rela berutang hanya demi membeli “mainan” yang sebenarnya belum layak mereka miliki.

* Berutang untuk jalan-jalan ke luar negeri karena teman dan tetangga banyak yang melakukannya. Padahal dana yang dimiliki hanya cukup untuk jalan-jalan di dalam negeri. Bahkan hanya untuk makan sehari-hari.

* Berutang untuk memiliki mobil kelas X, padahal penghasilan baru pantas memiliki mobil di bawah kelas X. Atau bahkan belum pantas sama sekali.

Serta banyak contoh lainnya. Inilah sebabnya banyak sekali Kelas Menengah Palsu di Indonesia. Yaitu orang yang penghasilannya di bawah kelas menengah “asli”, namun pengeluarannya menyamai mereka.

Saat kita terus-menerus membeli sesuatu yang kita INGINKAN, kita tidak akan punya cukup uang untuk membeli sesuatu benar-benar kita BUTUHKAN. Keinginan versus kebutuhan. Setidaknya ini berlaku untuk kelas menengah, miskin dan kelas menengah palsu.

Saya sendiri tidak antiutang. Bagi saya, yang menjadi masalah adalah apa yang Anda lakukan dengan uang utang atau pinjaman tersebut. Digunakan untuk memperbesar modal usaha agar memperbesar potensi profit. Atau untuk membeli sesuatu yang belum pantas dimiliki. Utang produktif atau konsumtif.

Penulis: Komandala Putra, S.Pd., S.Hum. (Bos Man)

Advertisements

2 thoughts on “Utang Produktif Utang Konsumtif

  1. tulisan menarik mandala 🙂
    yup, karena katanya ““Tak perlu bersikeras menjelaskan siapa dirimu, karena orang yang mencintaimu tak membutuhkan itu, dan orang yang membencimu tak akan percaya itu” (Ali bin Abi Thalib RA)”

    jadi, cuek aja sama hal-hal yang emang perlu dicuekin hehe

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s