UMAR USMAN 16 B

WE GO BIG OR GO HOME !

Aku harus kuat! Maka aku berguna!

1 Comment

Oleh : Ine Rahayu Kusumah Dewi


img_20160930_081227

Terlahir sebagi gadis desa dari keluarga yang sederhana, lahir dengan penuh keprihatinan dimana disaat aku terlahir masa kejayaan keluarga ku tengah diuji. Putri bungsu dari 7 bersaudara terdiri dari 5 anak laki laki dan 2 anak perempuan, Alhamdulillah fitrahku menjadi seorang perempuan terlahir dari sosok wanita kuat yang masih sanggup melahirkan anak ke 7 nya penuh dengan kecukupan bahkan kekekurangan, kenapa aku berani mengatakan kekurangan? Karena masih ku ingat tanggalnya 04 november 1997 tahun ini adalah tahun kelahiranku persis ketika semua kakak laki lakiku harus bekerja sepulang sekolah bahkan menjadi kuli panggul hingga tengah malam di pasar dekat rumah hanya untuk membeli susuku, ibu yang masih merasakan sakitnya melahirkan harus pergi kepasar berjualan hanya untuk anak anaknya, jangan tanya ayah kemana justru dia yang sangat berkorban banyak untuk kami tak perlu kuperjelas untuk apa.

Orang memanggilku bungsusah sebutan untuk diriku sendiri, sempat menyalahkan takdir kenapa ketika aku lahir harus seperti ini? Menyusahkan banyak orang, bisnis keluarga tiba tiba anjlok, makan berkecukupan dan masih banyak. Namun seiring perkembangan pertumbuhanku pikiran itupun perlahan tergantikan dan sempat aku devinisikan atas semua kejadian yang selama ini aku alami. Bahwa Aku bisa seperti ini karena ayah ibu dan semua kakak kakakku, mereka berjuang karena aku, mereka kuat hanya untuk aku, dan aku harus berguna untuk mereka!

Seperti halnya military camp kemarin semua yang aku lakukan kemarin mengingatkan tentang perjuangan keluargaku dimasa lalu, perjuangan membesarkanku, perjuangan menyekolahkanku hingga berprestasi, dan mengeluarkan banyak uang untuk aku bisa sekolah di umarusman dan rasa nya percuma jika kegiatan kemarin aku siasiakan dengan sakitsakitan dengan memperlihatkan kelemahanku, pada dasarnya semua orang mempunyai kelemahan termasuk aku namun Allah menutupinya dengan memberikan kekuatan kepadaku seolah berbisik “ine kamu harus kuat, ingat perjuangan keluargamu tak seberapa, kamu harus berguna bagi orang banyak” dan seketika lelah panas panasan dibentak orang berpangkat yg tidak dikenal itupun hilang. Dengan tekad! Aku harus kuat maka aku akan berguna, berguna ketika semua temanku kelelahan aku hibur mereka dengan candaan yg membuat aku malu, berguna ketika semangat temanku sudah hilang untuk berjalan bahkan makanan merekapun aku yang habiskan, berguna ketika mereka sakit ku antarkan ke barak, dan berguna ketika harus berbagi senderan dan semangat kepada mereka yang rindu akan pelukan orang tua. Ntahlah kemarin rasanya kegiatan yang biasa saja, karena baru kemarin ini diberi kegiatan seperti ini di sekolah, namun ini sangat berbeda dimana aku harus lebih kuat dari biasanaya karena aku bersama orang orang yang sebelumnya tidak pernah diberi pengalaman semacam ini. Dan ntah kenapa aku merasa dikuatkan oleh mereka yang mempercayai semuanya kepadaku “ine aku tenang kalo sama kamu, ine kamu nanti bantu aku makan, ine tolong ambilkan ini itu, ine antar aku sholat, ine antar aku ke wc, ine ini caranya bagaai mana, ine aku sama kamu aja, ine minta ini, ine aku gak kuat, ine blabla” dan aku sama sekali tidak keberatan, justru aku saaaaangat senang dan justru ini jawaban dari doaku disetiap sholat agar aku berguna bagi orang banyak dan semoga ini awal dr semuanya agar aku pun bisa berguna bagi agama dan bangsa. Aamiin..

Terimakasih tim managemen atas kesempatan ini, ini kesempatan yang aku tunggu tunggu, ini hal yang sangat menyenangkan dan membanggakan dari semua kegiatan matrikulasi lainnya ini hal yg sangat berkesan, aku berasa menjadi seorang kowad/polwan cita cita lamaku diarak memakai mobil TNI dengan sirine yang membuat orang tertuju pada kami dan lagilagi dilatih mental agar benar benar menjadi pengusaha yang tangguh akan pondasi yang kuat dengan pondasi islam yang akan dan telah diajarkan kampus, semoga akan segera terwujud seorang Ine yang lebih baik lagi atas bimbingan semuanya.

Alhamdulillah tak lupa ibu ayah, dan untuk ke 6 kakaku ku haturkan terimakasih untukmu karena Allah lillahita’ala dari lubuk hati yang paaaaaling dalam, aku tidak akan sekuat ini tanpa didikan kalian, jika aku tidak terlahir dari keluarga yang hebat ini mungkin aku sudah manja dan hanya bisa menyusahkan banyak orang. Untuk kalian kembali ku azamkan dalam tekadku untuk menjadi pemenang dalam kehidupanku, semoga aku bisa memanfaatkan sisa umurku dengan seoptimal mungkin dengan kebaikan kebaikan dalam berbagai bentuk, dan selalu menjadi orang yang berguna bagi orang banyak, terutama bagi mereka yang terlibat dalam kesuksesanku nanti. Aamiin..

Jakarta, 30 September 2016

One thought on “Aku harus kuat! Maka aku berguna!

  1. mantaaap inee!
    “aku kuat maka aku berguna”
    suka bangeeet ine, terus bergerak dan menjadi pribadi yang memberi banyak manfaat ya ne 🙂

    Like

Leave a Reply

