UMAR USMAN 16 B

WE GO BIG OR GO HOME !

KULIAH 1 TAHUN JADI PENGUSAHA

Leave a comment

 
“Ah, masa iya?”
“Mimpi kali!”
“Mau jualan aja kok mesti kuliah.”
“Buang-buang duit, mending duitnya buat modal usaha!”
Itu baru salah empat (bukan salah satu) dari beberapa komentar miring yang akhirnya harus hinggap di telinga ane, saat ditanya: kuliah di mana dan ngambil jurusan apa?
Di beberapa momen memang sempet buat ane mikir dan khawatir. Dengan uang sebanyak itu dan tanpa jaminan kalau lulus bisa langsung jadi seorang pengusaha sukses. Apa iya semuanya bakal sia-sia …?
In syaa Allah nggak! Satu hal yang ane yakini dari dulu adalah: nggak ada satu hal pun yang kebetulan di muka bumi ini. Bukankah orang-orang bersorban sering mengutip dari kitab-Nya. “Tidak ada sehelai daun pun yang jatuh, kecuali atas izin Allah.”
Setiap pertemuan, pasti ada maksud yang masih Allah sembunyikan di dalamnya. Pun hal-nya setiap perpisahan, ada hikmah yang lahir bagi orang-orang yang mau sedikit berpikir. Begitu juga pertemuan ane yang dari dulu pengen jadi pengusaha, dengan Umar Usman. Pasti ada sesuatu. Iya, sesuatu. Dan pada akhrinya, setelah beberapa pekan negosiasi sama yang punya “takdir”. Allah memantapkan hati ane untuk kuliah di Umar Usman. Alhamdulillah …
Senin, 5 September 2016. Hari pertama martikulasi. Setelah sebelumnya Tim Akademik memberikan sesi pengenalan Kampus Umar Usman, Miss Lee yang menjadi pembuka sesi berikutnya. Miss Lee menerangkan satu per satu soal: mau ngapain aja nih, para mahasiswa bacth 4 ini selama setahun. Dari mulai chalange, bikin proyek amal, satu bulan senam jempol karena harus bikin puluhan artikel, sampe jalan-jalan ke negeri orang, tapi itu pun tetep ada chalange-nya.
Intinya, setahun nanti ane dan bos-bos bacth 4 bakal cape, jadwal padat merayap dan siap-siap aja bodrex dalam saku. Takut-takut sepaneng di tengah jalan :D. Tapi itulah prosesnya. Dibentuk dan ditempa jadi seorang pengusaha yang berkarakter. Lempengan besi baja yang nggak berarti aja, bisa jadi samurai yang tajam dan mematikan setelah dibakar dan ditempa berkali-kali.
Sesi berikutnya, Mr. Henz yang mengambil alih. Memperkenalkan tim manajemen. Dilanjut menerangkan tentang visi-misi Umar Usman. Jujur, ane udah baca visi-misi Kampus Umar Usman di websitnya. Biasa aja. Nggak jauh beda sama sekolah dan kampus-kampus lain yang visi dan misinya setinggi langit. Tapi, Di hari pertama martikulasi ini ane melihat Umar Usman menunjukkan sesuatu yang berbeda. Visi-misinya bukan hanya angan-angan semata. Karena dosen-dosennya bukan hanya mendidik, tapi juga memberi contoh. Dan yang ane tahu, memberi contoh adalah cara terbaik dalam mendidik. Itu yang dimiliki Kampus Umar Usman, dan jarang ditemui di lembaga-lembaga pendidikan yang lain.
Mister Joss yang akhirnya mengisi sesi terakhir. Momen yang paling bikin ane ngelamun seakan-akan di kelas itu cuma ada diri ane sendiri adalah, saat ane harus menjawab: untuk apa Anda ada di sini? Sensasinya itu sama, kayak ditanya: buat apa Anda hidup?
“Terus buat apa kuliah di Umar Usman?” beberapa menit ane masih bertanya sama diri sendiri, dan belum satu kalimat pun ane tulis.
Banyak hal yang sebenernya bisa ane tulis dari sisi kemanusiawian. Pengen sukses, plus embel-embel yang orang-orang bisa lihat kesuksesan ane. Mobil, misalnya. Rumah, tanah, hidup yang lebih baik. Tapi ane nggak berani buat nulisnya. Bukan karena nggak bisa jujur, cuma ngerasa: kok serendah ini ya tujuan gue.
Tapi alhamdulillah, lewat perantara Mister Joss, sukses menampar kesadaran ane bahwa hidup, bukan untuk hidup.
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.” (Adz-Dzaariyat Ayat :56)
Mister Joss juga mengingatkan ane, bahwa ada doa yang paling ampuh dari doanya seorang ulama. Yakni doa orangtua yang ridho dengan anaknya.
“Semoga Allah menjadikanku, salah satu dari sekian banyak pengusaha muslim yang lahir, untuk kemudian bermanfaat bagi umat.”[]
Leave a Reply

