UMAR USMAN 16 B

WE GO BIG OR GO HOME !

Spirit of Dompet Dhuafa

1 Comment

Oleh : Ismail Agus Said

Penulis : Fahmi Trimerdati Ramadan (Bos Tri)

Dompet Dhuafa Republika ( sekarang Dompet Dhuafa )berawal dari rasa empati beberapa jurnalis Republika yang banyak berinteraksi dengan masyarakat miskin, sekaligus kerap berinteraksi dengan kaum kaya. Kemudian Parni Hadi, Eri Sudewo dan kawan kawan mengagaskan suatu lembaga yang yang fokusnya peduli kepada nasib dhuafa. 

Dompet Dhuafa dibagi menjadi dua divisi yaitu : 
– Social Enterprise

– Philantrophy

Social enterprise : divisi yang bergerak di bidang kemanusiaan, yang tujuan utamanya adalah membantu orang yang tidak mampu. Divisi ini menyalurkan dana kepada masyarakat yang butuh modal untuk usaha.

Philanthropy : divisi yang memberikan dana bantuan kepada masyarakat, termasuk mengadakan pelatihan keterampilan dan membantu pembangunan infrastruktur.

 Dalam perjalanannya Dompet Dhuafa banyak mengalami rintangan – rintangan yang berat, namun dengan visi dan misi yang kuat, yang tetap dipegang teguh, lembaga ini masih berdiri dan bahkan memperluas cabangnya di beberapa negara selain indonesia, salah satunya yakni : Australia dan Amerika serikat. Buah hasil kerja keras selama ini adalah dengan diberikannya penghargaan Ramon Magsaysay pada Dompet Dhuafa pada Agustus 2016. 

Saat ini Dompet Dhuafa dipimpin oleh Ismail Agus Said. Seorang sosok kharismatik yang cukup terkenal dalam ranah perbankan Indonesia. Beliau juga handal dalam bernegosiasi, terbukti dalam beberapa tender beliaulah yang turun tangan dan berhasil menggolkan tender tersebut. Kemampuan beliau terasah dari pengalamannya bekerja di beberapa bank konvensional.
Sejatinya Dompet Dhuafa merupakan salah satu pelopor lembaga kemanusiaan di Indonesia. Banyak lembaga kemanusiaan yang lahir dan terinspirasi dari bagaimana Dompet Dhuafa dapat berdiri sampai saat ini, memberikan bantuan pada berjuta masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Dan untuk membantu sesama kita tidak boleh hanya mengandalkan lembaga-lembaga kemanusiaan itu saja, karena kita sebagai individu juga punya tanggung jawab yang besar untuk perduli pada sesama yang membutuhkan.

Advertisements

One thought on “Spirit of Dompet Dhuafa

  1. good, ditunggu tulisan-tulisan lainnya ya 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s